Agrowisata Hambalang, Citereup

Pintu masuk Agrowisata Villa Bukit Hambalang
Pintu masuk Agrowisata Villa Bukit Hambalang

Mendengar kata Hambalang, mungkin pembaca akan teringat kasus korupsi pembangunan Wisma Atlet, Hambalang yang beberapa tahun lalu ramai diberitakan. Padahal Hambalang juga memiliki tempat wisata, yakni agrowisata Bukit Hambalang.

Jika berangkat dari Jakarta melalui tol Jagorawi, Anda bisa keluar di exit tol Sentul kemudian ambil yang ke arah Sirkuit Sentul. Setelah melewati kawasan sirkuit, ikuti terus jalan yang ke arah Hambalang.

Anda akan menemukan jalanan beton yang lebar, melalui kompleks Indonesian Defense University alias Universitas Pertahanan Indonesia hingga menemukan jalan kampung yang terus menanjak. Jika sudah melewati bangunan Wisma Atlet yang kini terbengkalai, sekitar 300 meter kemudian akan terlihat gerbang Agrowisata Villa Bukit Hambalang.

Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung harus membayar tiket Rp 10.000 per orang. Di kawasan seluas 150 hektare ini terdapat fasilitas kolam renang, outbound, jogging track, dan penginapan. Beberapa bagian kawasan ini masih terlihat belum rimbun karena pohon buah-buahan yang ditanam belum tumbuh tinggi.

Hambalang2
Kolam renang di kawasan agrowisata Villa Bukit Hambalang.

Ada beberapa gazebo yang disediakan sebagai tempat untuk melepas lelah. Dari depan penginapan, kita bisa melihat pemandangan ke arah perbukitan Citereup yang menjadi area penambangan salah satu perusahaan semen.

Hambalang6
Pemandangan ke arah bukit kapur Citereup.

Ketika kami sedang beristirahat, ada beberapa mobil offroad melintasi jalanan di depan kami. Ternyata, untuk pengunjung yang datang dalam group dan mengikuti kegiatan outbound juga disiapkan paket offroad dengan mobil-mobil 4×4 yang gagah.

Hambalang7
Kawasan Villa Bukit Hambalang yang baru ditanami.

Jadi, kalau kebetulan Anda berada di sekitar kawasan Sentul, mungkin Villa Bukit Hambalang bisa jadi alternatif wisata Anda. (*)

2 thoughts on “Agrowisata Hambalang, Citereup

Leave a comment