Jogging dan Sepedaan di Situ Gintung

Situ Gintung merupakan salah satu danau buatan untuk resapan air yang ada di Kota Tangerang Selatan, tepatnya di Kelurahan Ciputat Timur. Jika berkendara dari arah Lebak Bulus, lurus saja sekitar 6,2 kilometer ke arah Ciputat. Situ Gintung letaknya agak tersembunyi di sebelah kiri jalan, nanti akan ditemui gang menurun yang berada di sebelah TK Tunas Mentari dan Kampung Jajan.

Waduk yang dibuat pada 1932-1933 dengan luas awal 31 hectare ini menimbulkan bencana besar ketika bobol pada 2009 silam, dengan korban jiwa sekitar 99 orang. Sejak saat itu, waduk ini dibangun kembali oleh pemerintah dan pada 2011 berubah nama menjadi Bendungan Gintung.

Gintung1
Monumen Situ Gintung

 

Ketika saya berkunjung ke sana sekitar pukul 14.00 WIB beberapa hari yang lalu, suasana bendungan ini terlihat sepi. Beberapa pekerja terlihat melakukan perbaikan di sekitar Monumen Situ Gintung. Biasanya, bendungan ini ramai dikunjungi masyarakat sekitar pada akhir pekan.

Tidak perlu membayar biaya atau tiket masuk untuk menikmati suasana bendungan ini. Kawasan ini cocok untuk olah raga jalan kaki, jogging atau bersepeda pada pagi dan sore hari. Ada jalan yang cukup lebar dan sudah dipaving block dengan kontur yang naik turun, cukup menantang untuk berolahraga.

Gintung2
Jalur yang mulus untuk pejalan kaki, jogging atau bersepeda di kawasan Bendungan Gintung.

 

Di kawasan ini Anda juga bisa menyewa sepeda dengan harga sewa Rp 5.000 jika tidak ingin repot membawa sepeda sendiri. Di kanan-kiri jalan yang dinaungi pepohonan juga terdapat bangku-bangku dari semen, cocok untuk sekadar beristirahat atau ngobrol bersama teman.

Gintung6
Pemandangan di Bendungan Gintung (Situ Gintung).
Gintung5
Bantaran Situ Gintung.

Piknik di kawasan ini rasanya cukup menyenangkan. Jika enggan membawa bekal dari rumah, di sini juga banyak warung makan atau pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dan minuman. Aktivitas memancing bisa juga dicoba. Di beberapa sudut waduk ini bisa kita lihat penduduk sekitar yang tengah mencari ikan dengan joran maupun jala.

Sayangnya, masih terlihat sampah di pinggiran waduk maupun di beberapa sudut kawasan ini. Semoga ke depannya masyarakat sekitar dan pengunjung Situ Gintung mau menjaga kebersihan di kawasan waduk ini. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s