Berburu Api Biru ke Kawah Ijen

Setelah turun dari Gunung Bromo, jeep membawa kami kembali ke Cemoro Lawang ke tempat kami berganti kendaraan. Di rumah tempat kami transit, kami mandi dan istirahat sejenak. Di desa ini suasana siang hari relatif sepi karena kebanyakan penduduk pergi ke ladang. Di rumah tidak terdengar suara televisi. Rupanya setelah jam 06.00 pagi hingga sekitar pukul 17.00 listrik mati, begitulah adanya setiap hari.

Sekitar pukul 11.00 kami melanjutkan perjalanan menuju Paltuding, pos perhentian sebelum naik ke Kawah Ijen. Jarak dari Bromo menuju Paltuding melalui Probolinggo dan Bondowoso sekitar 207 kilometer. Kami singgah di Probolinggo untuk makan siang dan shalat. Masih di Probolinggo, kami sekaligus mencari bekal untuk makan malam di Paltuding karena perkiraan kami sampai di sana setelah magrib.

Penginapan sederhana di Paltuding yang disediakan untuk para pengunjung yang hendak naik ke Kawah Ijen pada dini hari. (foto diambil setelah turun dari Kawah Ijen)

Seperti perkiraan, kami memasuki kawasan hutan di kaki Gunung Ijen selepas magrib. Teman saya langsung menghubungi penjaga penginapan yang ada di kawasan ini. Kami ingin beristirahat sejenak menunggu dini hari sebelum mulai trekking ke Kawah Ijen. Biaya penginapan Rp 75 ribu per orang/malam.

Di penginapan ini ada dua kamar dan satu ruang tamu yang cukup luas. Satu kamar bisa diisi dua-tiga orang. Kamar tamu juga bisa dipakai untuk ruang tidur jika Anda membawa sleeping bag atau cukup menggelar tikar dan selimut. Di dalam kamar terdapat kamar mandi. Siapkan senter, karena tidak ada lampu di dalam kamar mandi.

Pos Paltuding yang menjadi titik awal pendakian ke Kawah Ijen. (foto diambil setelah turun dari Kawah Ijen)
Pos Paltuding yang menjadi titik awal pendakian ke Kawah Ijen.

Kami bangun ketika alarm berbunyi, sekitar pukul 02.30 dini hari. Kami bersiap-siap untuk memulai tracking ke Kawah Ijen dan berharap bisa sampai di sana sebelum subuh untuk menyaksikan api biru (blue fire). Fenomena api biru ini merupakan fenomena langka yang hanya ada dua di dunia, yakni di Kawah Ijen dan di Islandia.

Untuk trekking, siapkan senter dan barang bawaan seperlunya saja. Ada kalanya Kawah Ijen sedang aktif dan mengeluarkan gas berbahaya sehingga pengunjung dilarang mendekati kawah. Kami beruntung, saat itu Kawah Ijen sedang tenang sehingga kami boleh mendaki ke kawah.

Jarak dari Pos Paltuding, yang berada di ketinggian 1.850 meter di atas permukaan laut, ke Kawah Ijen yang berada di ketinggian 2.386 meter dpl adalah 3 kilometer dan harus ditempuh dengan berjalan kaki. Suhu udara pagi itu cukup bersahabat, dingin tetapi tidak sedingin udara di Bromo yang berangin.

Setiap rombongan pendaki didampingi oleh pemandu. Biaya pemandu biasanya tergantung negosiasi awal sebelum memulai pendakian. Hari itu ada beberapa rombongan yang memulai pendakian ke Kawah Ijen. Pada awalnya track cukup landai tetapi lama kelamaan menanjak. Beberapa kali saya berhenti untuk mengambil nafas, ketahuan jarang berolahraga sehingga pendakian seperti ini cukup membuat saya ngos-ngosan.

Rombongan sampai di pos timbangan (tempat para penambang menimbang belerangnya) menjelang subuh. Saya meminta teman-teman saya melanjutkan perjalanan lebih dahulu karena saya sudah cukup menghambat laju mereka akibat terlalu sering berhenti. Banyak juga anggota rombongan lain yang beristirahat di pos itu. Setelah minum dan beristirahat sejenak, saya ditemani pemandu melanjutkan perjalanan.

“Sebentar lagi kita sampai,” ujar pemandu kami. Saya bersyukur dia cukup sabar menunggu jalan saya yang lambat seperti siput. Jalan setapak semakin sempit. Salah satu sisi jalan adalah jurang, sehingga kami harus berhati-hati. Sebelum sampai ke kawah, tiba-tiba angin bertiup kencang. Kami menghentikan langkah. Tidak ada orang lain di belakang kami. “Itu sapaan dari penunggu gunung,” kata pemandu kami.

Setelah setengah jam berjalan dari Pos Timbang, kami mulai melihat cahaya kebiruan dari kejauhan. Itu dia, api biru! Teman-teman saya yang berjalan lebih dahulu, turun ke kawah mendekati api biru. Saya tidak ikut turun ke kawah karena jalur untuk kembali sangat curam dan terjal, sulit didaki. Saya mengukur kemampuan diri dan merasa lebih baik menyaksikan dari jauh. Oya, jika Anda ingin turun ke kawah, lebih baik memakai masker untuk mencegah gas beracun terhirup.

Cukup lama kami menyaksikan fenomena api biru ini sebelum matahari terbit menyapa. Beberapa pengunjung berkumpul di sisi kawah, menunggu keluarga atau teman yang turun ke kawah.

Fenomena api biru di Kawah Ijen hanya bisa disaksikan pada dini hari.
Fenomena api biru hanya bisa disaksikan pada dini hari.
Setelah matahari terbit, kecantikan Kawah Ijen mulai terlihat.
Kawah Ijen mengepulkan asap berbau belerang
Kawah Ijen mengepulkan asap berbau belerang.

Kawah Ijen sungguh memesona. Kepulan asap putih berbau belerang muncul dari kawah yang memiliki danau berwarna hijau tosca. Langit yang berwarna biru cerah menambah indah pemandangan. Sungguh, ciptaan Allah yang luar biasa. Rasa penat dan lelah ketika tracking seketika hilang.

Saya bertemu beberapa rombongan wisatawan asing, dari Prancis, Thailand, dan Jepang. Ada yang pergi bersama keluarga, ada juga yang datang berdua. Mereka mengaku habis berlibur ke Bali lalu menyempatkan mengunjungi Kawah Ijen dan Gunung Bromo.

Sembari menunggu teman-teman saya kembali dari dasar kawah, saya melihat beberapa penambang belerang yang dengan lincah mendaki jalan setapak padahal di pundaknya terdapat dua keranjang belerang.

Seorang penambang mengangkut belerang dari Kawah Ijen.
Batang pohon yang mati di Kawah Ijen menjadi pemandangan unik.

Matahari sudah cukup tinggi. Kami memutuskan untuk turun ke Paltuding karena menurut pemandu kami, siang hari cuaca sering tidak bisa dipastikan.

Perjalanan turun dari Kawah Ijen, serasa berjalan di antara awan putih.

Turun dari Kawah Ijen, kami berhenti sejenak di Pos Timbang. Saat ini warung kecil yang ada di pos ini ramai oleh pengunjung yang ingin memesan mie instant atau kopi. Menu spesial di warung ini adalah kopi luwak (civet coffee) seharga Rp 25 ribu per cangkir.

Seorang pekerja sedang menimbang belerang di Pos Timbang.

Di Pos Timbang ini para penambang juga menawarkan souvenir berupa belerang yang diukir dengan berbagai macam bentuk. Ada yang bertuliskan Kawah Ijen, ada juga bentuk binatang dan karakter Hello Kitty.

Jalur pendakian di Kawah Ijen lebih ramai pada siang hari walaupun pengunjung tidak bisa menyaksikan api biru. Setelah beres-beres dan mandi, kami siap check out dari penginapan. Sekitar jam 09.00 pagi kami meninggalkan kawasan Kawah Ijen.

Dalam perjalanan menuju Banyuwangi, belum terlalu jauh dari Kawah Ijen, kami mampir ke Banyu Pait (Sungai Pahit/bitter water). Banyu Pait adalah aliran sungai yang airnya berasal dari Kawah Ijen. Air sungai ini memiliki tingkat keasaman cukup tinggi sehingga tidak ada ikan yang hidup di sungai tersebut.

Banyu Pait, aliran airnya berasal dari Kawah Ijen.