Rancabali, Kedamaian Kebun Teh di Pinggir Danau

Warga Jakarta dan sekitarnya mungkin sudah bosan berlibur ke Bandung, tetapi cobalah tengok Rancabali di Bandung Selatan, sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung. Perkebunan teh yang berada di bawah pengelolaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII ini menawarkan nuansa yang berbeda. Image

Di lahan seluas 1.530,25 hektare yang berada di lereng Gunung Patuha ini Anda bisa menikmati suasana alam yang asri, dan fasilitas wisata yang cukup memadai. Di ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut ini teh Walini yang sudah diekspor ke berbagai negara diproduksi. Udara sejuk dan hijaunya tanaman teh yang membuai mata mampu membuat kita melupakan hiruk-pikuk kota.

Di Rancabali ada beberapa jenis penginapan yang ditawarkan. Villa Kidang Kencana yang berupa bangunan unik berbentuk segitiga yang terdiri dari dua lantai. Lantai atas untuk dua kamar, masing-masing dengan lima dan tiga tempat tidur. Lantai bawah yang dilengkapi dengan perapian menjadi tempat berkumpul, kemudian ada ruang makan, dapur dan kamar mandi dengan air panas alami. Vila ini mampu menampung 25 orang.

Villa Ciung Wanara yang mampu menampung 15 orang dan memiliki private swimming pool. Kemudian, Cottage Rancabali yang memiliki kapasitas enam orang. Ada empat unit cottage dan lokasinya berada di sebelah kolam renang umum Walini. Ada juga delapan unit rumah kayu kelapa dengan kapasitas tujuh orang per unit yang juga berada di dekat kolam renang umum Walini. Yang terakhir, Villa Patengan yang dibangun tepat di pinggir Situ Patengan (Situ Patenggang) mampu menampung 25 orang. Harga sewa vila maupun cottage di Rancabali ini berkisar Rp 385 ribu hingga Rp 1,25 juta untuk weekdays dan Rp 450 ribu hingga Rp 1,5 juta untuk weekend.

Ketika berkunjung ke Rancabali, akhir Mei lalu, rombongan kami yang terdiri dari sembilan orang memilih menginap di Villa Patengan (Wisma Sasaka). Lokasi vila yang berada di pinggir danau benar-benar strategis, kebun teh bisa disambangi dengan berjalan kaki, begitu pula jika ingin berkeliling danau atau situ tersebut. Dari lantai dua vila, terlihat pemandangan Situ Patengan yang dikelilingi perbukitan hijau dan Gunung Patuha.

Image

Kisah Batu Cinta  

Situ Patengan yang menjadi daya tarik utama lokasi vila kami, berada di bawah pengelolaan PT Perhutani. Nama situ atau danau ini berasal dari kata pateang-teangan yang artinya saling mencari. Alkisah pada zaman dahulu ada dua sejoli bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis. Ki Santang, yang merupakan keponakan dari Prabu Siliwangi (Raja Pajajaran) sedangkan Dewi Rengganis adalah putri Kerajaan Majapahit. Perang Bubat membuat kedua sejoli ini terpisah.

Setelah sekian lama mencari, pasangan kekasih ini bertemu kembali di Batu Cinta yang terdapat di dekat Pulau Asmara yang berada di tengah Situ Patengan. Konon, jika Anda menyentuh Batu Cinta bersama pasangan kita, maka hubungan Anda bakal langgeng.

Image

Untuk mencapai Batu Cinta, Anda bisa mengayuh sepeda air yang berbentuk angsa maupun naik perahu kayu yang sudah diparkir berjejer di tepi danau. Ongkos naik perahu pulang pergi dari pinggir danau ke Batu Cinta sebesar Rp 25 ribu per orang. Hanya perlu waktu sepuluh menit untuk menuju Batu Cinta jika Anda menumpang perahu, kalau naik sepeda air tentu tergantung seberapa cepat Anda mengayuhnya.

Waktu terbaik untuk menjelajah Situ Patengan atau sekadar tea walk di kebun teh Rancabali adalah pagi hari, ketika matahari baru saja terbit. Anda akan mendapatkan pemandangan yang mempesona, air danau yang tenang menjadi cermin bagi birunya langit dan hijaunya pegunungan. Sinar mentari yang hangat menelusup di sela-sela dedaunan, menimbulkan uap bergerak pelan di atas permukaan danau. Inilah kenang-kenangan indah yang akan membuat Anda susah melupakannya. (*)

Tulisan dimuat di harian Indonesia Finance Today, 13 Juni 2014

 

 

Advertisements

One thought on “Rancabali, Kedamaian Kebun Teh di Pinggir Danau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s